Trend Fashion Dikalangan Anak Muda Indonesia

Abad ke 21 dimana jaman mengalami perubahan sangat cepat dan trend menjadi hal yang menarik untuk diikuti. Teknologi berkembang dengan cepat menjadi semakin canggih, Informasi tersebar cepat keseluruh dunia dengan media sosial, begitu pula dengan perubahan fashion yang sangat cepat hampir setiap hari muncul trend trend baru dalam dunia fashion.

Perkembangan di dunia fashion terus mengalami berbagai perubahan tentunya dengan begitu pesatnya dimana muncul model model fashion terbaru dan dimana pula munculnya kembali model model fashion lama (model jadul) yang diangkat kembali ke permukaan dan menjadi trend kembali dimasa sekarang.

Bicara soal trend di jaman seperti sekarang ini khusunya trend fashion kini telah menjadi gaya hidup bagi setiap umat manusia diseluruh belahan dunia akan tetapi trend fashion pula kini telah menciptakan beberapa fenomena menarik di sekeliling lingkungan masyarakat dunia.

Salah satu fenomena yang tercipta dari sebuah trend fashion didunia adalah terjadinya suatu kesenjangan sosial apabila ketika sesorang tidak mengikuti trend fashion tersebut seperti halnya “Kuno” dan “Tidak Fashionable” atau lain sebagainya. Sehingga seolah olah fenomena fashion ini wajib hukumnya untuk diikuti ataupun ditiru oleh semua orang.

Di indonesia terutama dikalangan anak muda indonesia fenomena trend fashion ini pun juga ikut terjadi tapi yang jadi pertanyaanya adalah apakah kita sebagai anak muda indonesia harus benar benar mengikuti semua trend fashion yang terjadi di setiap belahan dunia ini ?

Karena ini adalah pertanyaan yang menarik maka dari itu mari kita bahas sama sama apakah fenomena trend fashion yang terjadi ini baik untuk kita ikuti atau tidak sebagai anak muda indonesia.

Trend Fashion Dikalangan Anak Muda Indonesia

via economy.okezone.com

Kita mulai dengan meninjau kembali semua hal yang terjadi seperti yang telah dijelaskan diatas seperti teknologi, informasi, sampai dengan fashion semua berkembang dan tersebar begitu cepat keseluruh penjuru dunia, semua itu bukan tidak dan bukan lain diakibatkan dari adanya Arus Globalisasi yang memudahkan semua hal tersebut masuk dengan mudah ke setiap negara manapun termasuk indonesia.

Masih ingat dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial mengenai Globalisasi ketika kamu masih berada dibangku sekolah dijelaskan bahwa globalisasi memiliki dampak positif dan juga dampak negatif terhadap sebuah negara, dampak positifnya dengan adanya arus globalisasi pemahaman masyarakat akan informasi mejadi lebih banyak dan luas sedangkan dampak negatifnya masuknya budaya budaya asing yang bersifat negatif kedalam lingkungan masyarakat.

Jika kamu hubungkan globalisasi dengan fashion maka tentunya perkembangan fashion pula memiliki dampak positif dan negatif terhadapa anak muda indonesia, apa saja dampaknya mari kita ulas dampak positif dan negatif yang terjadi dari perkembangan fashion .

Dampak Positif

Dengan adanya perkembangan fashion yang memunculkan banyak model terbaru bisa membuat anak muda indonesia menjadi lebih percaya diri, kreatif, dan bersemangat dengan memakai model fashion terbaru karena merasa berbeda dengan yang lainya. Dari munculnya sifat percaya diri dan kreatif tersebut anak muda indonesia juga bisa menjadi lebih hemat dengan menciptakan gayanya sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya untuk fashion branded luar negeri berbandrol mahal.

via alfioktaf.blogspot.com

Dampak Negatif

Ketika anak muda khususnya perempuan mengikuti trend fashion yang terjadi bisa saja mereka mengikuti segala atau semua trend fashion yang datang bahkan sampai mengikuti trend fashion yang tidak cocok dengan budayanya misalnya budaya indonesia tidak cocok dengan fashion yang mini, ketat, dan super seksi atau juga trend fashion yang tidak cocok dengan kapasitas sesorang seperti trend yang diperuntukan untuk supermodel. Ada juga ketika anak muda terpengaruh oleh fashion sehingga membuat mereka menjadi boros dengan membeli model model branded luar negeri.

Trend Fashion Dikalangan Anak Muda Indonesia
via garudamuda.org

Setelah kamu mengetahui dampak positif dan negatif dari perkembangan fashion maka dari sini kamu telah menemukan jawaban pertanyaan “apakah kita sebagai anak muda indonesia harus benar benar mengikuti semua trend fashion yang terjadi di setiap belahan dunia ini ?” tentunya jawabanya adalah tentunya Tidak Semuanya Harus Diikuti.

Karena kita sebagai anak muda indonesia harus paham dan bijak untuk menyikapi perkembangan fashion dunia ini yang dimana kita anak muda indonesia harus tahu betul untuk bisa memilih mana trend fashion yang baik dan benar bagi masyarakat dan mana yang berdampak buruk bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan