Ternyata Seperti Inilah Orang Orang Di Dunia Maya, Tipe Tipe Warganet

Dahulu orang yang suka dengan media cetak disebut sebagai pembaca, orang yang suka dengan radio dibilang pendengar, dan orang yang suka dengan televisi dipanggil sebagai penonton namun dengan perkembangan teknologi sekarang ini munculah media informasi baru yang biasa kamu kenal dengan nama internet dengan adanya media baru tersebut maka munculah orang orang yang suka dengan internet dan biasa dibilang sebagai warganet atau netizen.

Warganet

Apa sih warganet itu ?, warganet adalah singkatan dari warga internet kata tersebut digunakan pada seseorang yang aktif terlibat didalam dunia internet atau dunia maya dan selain itu istilah tersebut juga dipakai untuk dijadikan sebagai wadah sosial dan intelektual di dunia internet. Istilah warganet juga umum disebut sebagai warga siber atau netizen.

Beberapa tahun terakhir ini istilah warganet atau netizen semakin banyak digunakan oleh masyarakat sampai sampai mungkin istilah tersebut sudah menjadi sesuatu yang tidak asing lagi ditelinga kamu hal ini di karenakan dampat dari perkembangan teknologi yang begitu pesat terutama perkembangan smartphone di lingkungan masyarakat.

Dengan perkembangan smartphone yang membludak di tengah tengah masyarakat mengakibatkan bermunculanya media media social yang beraneka ragam dan juga berbagai macam informasi yang sangat mudah untuk diperoleh oleh masyarakat. Dari berbagai media social dan berbagai macam informasi masyarakat mendapatkan banyak hal termasuk bertemu dengan orang orang baru di internet.

Ketika masyarakat bertemu dengan orang orang baru tersebutlah terjadi interaksi interaksi di dalam media sosial atau dunia maya dengan interaksi interaksi tersebut terbentuk sebuah kumpulan masyarakat di dalam dunia internet yang kemudian biasa kamu panggil sebagai warganet atau netizen.

Karena warganet atau netizen terbentuk di dalam dunia maya atau internet artinya dari berbagai macam orang diseluruh dunia dapat berkumpul disana mulai dari orang yang silent rider (hanya memperhatikan) sampai dengan orang yang berani untuk berbicara dan memberikan gebrakan sampai sampai menarik banyak perhatian, apabila kamu orang yang aktif di dunia maya pasti tahulah tipe tipe warganet apa saja yang bisa kamu temukan di dalam dunia media social atau dunia maya.

Kira kira tipe warganet apa saja sih yang biasa ada di media social atau dunia maya dan seperti apa?, berikut akan mimin ulas dengan jelas beberapa tipe warganet yang biasa kamu temukan di media social.

Tipe Tipe Warganet :

Tipe Tipe Warganet
via kompasiana.com

STALKER

Stalker ini juga merupakah sebuah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut sesorang yang kepo atau ingi tahu tentang kehidupa seseorang berarti warganet dengan tipe stalker ini suka mengintip ngintip postingan orang lain di media sosial entah itu postingan orang yang dikenalnya ataupun orang yang sama sekali tidak dia kenal dengan rasa kepo dan keingintahuan yang tinggi tipe ini merasa tidak lengkap kalau membuka media sosial tanpa mengintip akun lain.

Tipe stalker akan merasakan kepuasan tersendiri jika telah melakukan hal tersebut selain itu apabila stalker menemukan akun yang menarik dia tidak akan segan mengeksplore akun tersebut sampai ke akar akarnya.

SPAMMER

Kalau spammer merupakan julukan bagi warganet yang suka memposting sesuatu yang kurang berguna atau tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas. spammer menggunakan media sosial dengan cara memenuhi menuhi time line akunya, spammer suka memanfaatkan situasi media social luas dan ramai untuk berjualan produk dimiliknya.

Spammer hanya merupakan warganet yang biasa dan tidak membahayakan dia hanya memanfaatkan keadaan media social untuk menarik perhatian penjualan produknya dan juga untuk menghibur kamu semua.

HATERS & FANS

Haters adalah orang yang memiliki rasa tidak suka dan membenci kepada seseorang sedangkan Fans adalah orang yang meiliki rasa suka dan mengikuti kepada seseorang. Haters & Fans ini menggunakan media social untuk debat dan beradu argumen meributkan hal hal yang tidak penting biasanya tipe ini muncul dalam postingan seorang artis.

Tipe ini hanya melakukan hal tersebut hanya untuk mencari sebuah perhatian sehingga apabila kamu menemukan warganet dengan tipe ini abaikan saja karena apabila kamu tanggapi tipe ini akan semakin menggila dan tidak akan ada habisnya.

SMART

Kalau tipe ini adalah warganet yang memiliki nilai positif didalam setiap interaksinya didunia maya tipe ini suka memposting apapun yang dia suka dan tentunya dengan batasan yang sudah diatur di dalam UU, smart tidak suka dengan hal yang tidak berfaedah seperti menghina dan menghujat akun orang lain selain itu smart memiliki pemikiran kalau kehidupan pribadi bukanlah urusan dia.

Bisa menghargai pendapat orang lain, pro dan kontra pun tidak menjadi masalah untuk tipe ini karena setiap orang pasti memiliki pendapatnya masing masing sehingga dia menerima bahwa tidak semua warganet sepaham dengan dia.

Thanks.

Tinggalkan Balasan