Tidak Suram Suram Amat Jika Hidup Seperti Seekor Sapi

Sembilu yang dulu

Biarlah berlalu

Bekerja bersama hati

Kita ini insan bukan seekor sapi

Dalam lagu yang memiliki penggalan lirik tersebut menerangkan memotivasi kepada diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman.

Zona nyaman itu seperti apa sih ?

Kata orang orang Zona Nyaman itu Suram kedepanya benarkah…?

Keluar Dari Zona Nyaman
Keluar Dari Zona Nyaman

Zona nyaman (comfort zone) itu bisa kita artikan sebagai keadaan dimana seseorang merasa terbiasa dan nyaman karena mampu mengontrol lingkungan dalam hal ini orang tersebut jarang merasa gelisah dan jarang mengalalami tekanan yang mengakibatkan strees.

Jika begitu bukan kah bagus zona nyaman dan tidak terlalu suram seperti kata orang orang tapi kenapa ko malah mau keluar dari zona nyaman.

Bukankah jika keluar berarti orang tersebut jadi berada dalam kondisi sering stress karena banyak tekanan dari sana sini akibat situasi lingkungan yang tidak dapat dikontrol.

Mendengar keluar dari zona nyaman ini gue jadi teringat salah satu karakter kartun larry si lobster dalam serial Spongebob Squarepant dengan filosofinya Hidup Seperti Lary penuh bahaya dan tantangan.

Dalam kartun tersebut larry mengata-ngatain Spongebob dan Patrick sebagai pecundang karena tidak menjalani hidup yang penuh dengan bahaya dan tantangan seperti yang dilakukan olehnya.

Tapi pada intinya kalau mau menjalani hidup dengan sebenar benarnya hidup maka kita harus keluar dari zona nyaman.

Filosofi hidup seperti larry ini ternyata bukan hanya terjadi dalam dunia kartun tetapi juga relatable dengan kehidupan sehari hari.

Dimana sering kita baca di buku buku pengembangan diri dan motivasi, keluar dari zona nyaman adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan jika kita benar benar ingin sukses menjalani hidup.

Kenapa wajib dilakukan ?

Katanya zona nyaman itu berbahaya karena bisa membuat kita tidak berkembang selain itu kalian juga pasti tahu yang nyaman nyaman itu juga bikin kita males dan…baper lalu ngarep buat jadian. eh

Menjalani hidup penuh dengan tantangan memang ada betulnya terutama bagi sebagian mereka yang mempunyai mimpi dan ambisi yang tinggi, dapat membuat mereka lebih bersemangat menjemput bahaya dan tantangan karena memberikan efek dan rangsangan yang membuat mereka bahagia.

Tapi bagi sebagian lagi termasuk gue ide untuk mengikuti jalan hidup keluar dari zona nyaman ini adalah hal yang kurang mengenakan.

kurang mengenakan gimana…?

Kalau selama ini kamu sudah nyaman menjalani hidup sebagai introvert yang malu-malu unyu terus tiba-tiba orang-orang ngatain pecundang terus nyuruh kamu bersosialisasi dengan manusia asing agar kamu “bisa berkembang”, bukannya dapet skill bersosialisasi, apa yang kamu dapat ?

Yang kamu dapat bukanya berkembang yang ada kamu malah jadi panik dan depresi karena harus melakukan sesuatu yang paling dibenci untuk kamu lakukan.

Tidak berani keluar dari zona nyaman bukan berarti pecundang, menjalani hidup yang aman dan nyaman adalah menjalani hidup yang realistis.

Bukankah menjalani hidup dengan berhati hati dan menghindari tantangan dan bahaya secara otomatis membuat kita menjadi manusia yang paling rasional ?

Tapi yang hidup dengan penuh ambisi dan membutuhkan banyak perjuangan juga bisa dibilang rasional sih… asalkan kamu sanggup dan sudah mempertimbangkan segala resikonya dengan matang.

Jadi bagi mereka yang tidak sanggup keluar dari zona nyaman tidak perlu memaksakan diri dari pada hidup kamu jadi berantakan mendingan menggali dan memperdalam zona nyaman kamu.

memperdalam zona nyaman ?

Keluar Dari Zona Nyaman
Keluar Dari Zona Nyaman

Ya jika kamu mau keluar dari zona nyaman artinya memperluas secara horizontal zona nyaman kamu tapi untuk yang tidak suka keluar zona nyaman kamu bisa memperdalamnya secara vertikal.

Gue kasih contoh kalau kamu seorang introvert yang tidak suka bersosialisasi tapi suka menulis dan membaca kamu bisa memperdalam zona nyamanya tuh dengan memfokuskan ke hal yang kamu suka sampai kamu bisa sukses dan menciptakan sebuah karya yang luar biasa.

Orang yang terbukti berhasil melakukanya dan menjadi terkenal sampai sekarang adalah J.K.Rowling.

J.K.Rowling adalah pengarang buku Harry Potter yang terkenal introvert dikalangan teman teman dekatnya, justru dengan karakternya ketika suka sendirian dan berkutat sama imajinasinya ide briliant itu muncul yaitu membuat buku hary potter.

Jika kita hidup dalam zona nyaman udah bisa bikin kita sukses dan bahagia ngapain repot repot cari tantangan dan bahaya. Jadi selama ini hidup seperti seekor sapi tidaklah sesuram surat amat seperti yang orang bayangkan.

Sampai disini artikel hari ini intinya jalani saja apa yang kamu suka, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Thanks.

Tinggalkan Balasan