Perhatian Kita Tahun Ini, Polusi Dan Kabut Asap

Saat ini bencana kabut asap menjadi salah satu sorotan yang palin diperhatikan oleh dunia, Bagaimana tidak dalam waktu berdekatan 2 paru paru dunia dilanda kabut asap.

Pertama hutan hujan amazon dibelahan benua Amerika dan terakhir pekan ini giliran negeri kita Indonesia tyang dilanda oleh bencana kabut asap, penyebabnya apalagi kalau bukan polusi udara yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Kabut asap itu terdiri dari campuran komplesk gas dan partikel partikel halus dan partikel tersebutlah yang paling mengancam bagi kesehatan manusia karena bisa masuk jauh kedalam paru paru kita.

Partikel yang masuk kedalam tubuh bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti perih mata, pilek, paru paru, hingga gagal jantung.

Bahkan bisa lebih berbahaya lagi jika api telah membakar material lain yang dapat menimbulkan gas atau uap beracun yang apabila masuk kedalam paru paru dapat menyebabkan kerusakan sel serta penumpukan cairan disekitar paru paru.

Lalu bagaimana kita bisa hidup di tempat yang terkena bencana kabut asap ?

Polusi Dan Kabut Asap

Sambil menunggu polusi udara membaik tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan supaya tidak terkena dampak dari bencana ini.

Diantaranya yaitu :

1. Minum Air Putih Dan Makan Makanan Antioksidan seperti sayuran dan buah buahan.
2. Batasi Keluar Rumah
3. Pakai Masker, Jika terpaksa harus keluar rumah maka kita disarankan menggunakan masker supaya setidaknya ada perlindungan dari partikel berbahaya.
4. Jaga Kualitas Udara Didalam Rumah, Artinya mengurangi sesuatu yang menyebabkan asap seperti merokok dan membakar obat nyamuk.
5. Penjernih Udara, Gunakan penjernih udara seperti AC atau Kipas Angin.
6. Segera Periksa Kesehatan, Apabila badan mulai terasa kurang nyaman segeralah periksa ke fasilitas kesehatan.

Jadi begitulah bagaimana caranya supaya bisa hidup dengan baik di tempat yang terkena polusi udara.

Terakhir saya mengajak kalian semua untuk peduli pada lingkungan agar bencana seperti kabut asap atau polusi udara tidak terjadi kembali melanda paru paru bumi kita.

Tinggalkan Balasan