eSport Disebut Olahraga ?, Perbedaan eSport Dengan Main Video Games

Pada pagelaran olahraga terbesar diasia yaitu apa lagi jika bukan asian games yang saat ini sedang di selenggarakan di negara indonesia, pada pekan olahraga tersebut terdapat cerita menarik untuk kita bahas pada artikel kali ini yaitu sebuah cabang olahraga dengan bentuk mirip dengan sebuah permainan games atau video games.

Olahraga tersebut yaitu eSport.

Kamu yang belum tahu apa itu eSport ?, eSport adalah sebuah istilah untuk kompetisi permainan video dengan pemain jamak umumnya antara para pemain proffesional. Aliran permainan video yang biasanya dihubungkan dengan olahraga elektronik adalah aliran strategi dan pertarungan multi pemain.

Jadi untuk pertama kalinya Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia, OCA) menyertakan permainan video games kompetitif atau istilahnya eSport kedalam ajang olahraga paling bergengsi se Asia tersebut. eSport hadir di Asian Games sebagai cabang olahraga eksibisi.

Cabang olahraga eksibisi atau bisa dibilang juga cabang olahraga percobaan dengan begitu setiap pemenang didalam cabang olahraga eSport ini masih akan mendapatkan mendali akan tetapi mendali tersebut tidak diperhitungkan dan ditambahkan kedalam rangking klasemen umum.

Cabang olahraga eSport di Asian Games 2018 melibatkan enam buah video games yaitu League of Legend, Pro Evolution Soccer, Arena of Valor, Star Craft II, Heart Stone, serta Clash Royale.

eSport Menjadi Bagian Olahraga Asian Games

Perbedaan eSport Dengan Main Video Games
via beritagar.id

Namun meskipun eSport telah menjadi bagian olahraga beberapa orang terutama masyarakat umum berpandangan bahwa eSport dengan main video games adalah dua hal yang sama dan tidak tidak ada bedanya sehingga masih ada beberapa perdebatan yang timbul dari penyertaan eSport kedalam kategori olahraga apalagi sudah masuk kedalam cabang olahraga yang dipertandingkan di pagelaran olahraga bergensi se asia tersebut.

Inilah yang menjadi topik ramai diperbincangkan oleh banyak masyarakat apakah layak eSport disebut sebagai olahraga atau bukan ?

Dari kebanyakan masyarakat suka mencampur adukan antara game untuk rekreasi dan game untuk profesi sehingga yang dikupas dipermukaan hanyalah bahaya bermain video games tanpa mengupas lebih dalam bahwa jika video games dikelola dan dilakukan dengan proffesional akan memiliki dampak yang positif.

Perbedaan eSport Dengan Main Video Games

Perbedaan eSport Dengan Main Video Games
via gamebrott.com

Dari penjelasan tersebut muncul sebuah perbedaan dimana bahwa ada bermain video games yang ditunjukan untuk rekreasi serta biasanya memiliki dampak yang negatif sedangkan eSport merupakan bermain video games dengan ditunjukan sebagai profesi serta dilakukan secara proffesional sehingga menimbulkan dampak positif.

Profesional artinya adalah orang yang memiliki profesi atau pekerjaan yang dilakukan dengan memiliki kemampuan yang tinggi dan berpegang teguh kepada nilai moral yang mengarahkan serta mendasari perbuatan, serta untuk menjadi proffesional kamu harus memenuhi beberapa hal berikut :

Skill, yang artinya orang tersebut harus benar-benar ahli di bidangnya.

Knowledge, yang artinya orang tersebut harus dapat menguasai, minimalnya berwawasan mengenai ilmu lain yang berkaitan dengan bidangnya.

Attitude, yang artinya bukan hanya pintar, akan tapi harus memiliki etika yang diterapkan didalam bidangnya.

Pada sejatinya eSport mirip dengan olahraga yang lainya, apabila dilakukan dan dikelola dengan secara proffesional oleh ahlinya tentunya maka akan menimbulkan dampak yang positif contoh halnya seperti balapan liar dijalan raya yang  memiliki dampak negatif kemudian apabila dikelola secara proffesional dengan balapan disirkuit maka akan menjadi sebuah bentuk olahraga balapan yang memiliki dampak positif.

baiklah cukup sekian dulu pembahasan saya tentang kenapa eSport disebut olahraga dan perbedaan main video games dengan eSport, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan