Merubah Atau Diubah Oleh Teknologi, Teknologi Memberikan Kebebasan

Sekarang adalah eranya globalisasi, eranya digital, dan menuju eranya kebebasan era dimana setiap informasi dan teknologi yang ada disekeliling masyarakat bergerak begitu cepat mengikuti arus perubahan zaman. Perubahan dan perkembangan informasi teknologi yang begitu signifikan dan semakin modern terkadang membuat masyarakat mudah kagum atas perkembangan dan kehebatan teknologi.

Tapi sayangnya rasa mudah kagum tersebut membuat masyarakat lupa akan perubahan dan kemajuan untuk kepribadianya sendiri bahkan membuat masyarakat merasa malas untuk mendesain merencanakan perubahanya sendiri menuju masa depan yang lebih baik, hal tersebutlah yang kerap membuat masyarakat mengalami kegagalan dalam mencapai kesuksesanya.

Sikap mudah kagum atas perkembangan teknologi dan malas untuk membuat rencana mengembangkan diri sendiri lambat laun akan menodai pemikiran masyarakat dan merubahnya menjadi masyarkat yang kurang akan karakter sosial, sibuk terkagum kagum dengan gadget dan teknologi teknologi lainya sehingga pada akhirnya jati diri manusia menjadi kurang berharga dibandingkan dengan teknologi.

Dari sikap tersebutlah masyarakat perlu mewaspadai dan mulai merubahnya dari sekarang sebelum semuanya diubah oleh teknologi contohnya saja saat ini sudah ada beberapa pekerjaan manusia yang sudah diubah dan tergantikan oleh teknologi seperti produksi oleh mesin, pelayanan konsumen dengan robot, media komunikasi dengan teknologi dan masih banyak yang lainya dampaknya membuat manusia kekurangan akan lapangan pekerjaan dan meningkatnya angka pengagguran.

Merubah Atau Diubah Oleh Teknologi

merubah atau diubah oleh teknologi
via bintangmandirischool.sch.id

Tak ada yang salah dengan perkembangan teknologi yang memudahkan pekerjaan manusia namun juga menggantikan manusia tetapi penggunanya lah yang hanya bisa terpaku takjub diubah oleh teknologi sementara itu manusia mulai lalai untuk merubah dirinya sendiri dan mengabaikan nilai sosial, hakikat hidup, serta agama. Teknologi memberikan kebebasan kepada semua masyarakat untuk memilih mau berubah atau diubah.

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa “Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.”

Dari perkataan beliau tersebut kita setiap manusia tentunya wajib senantiasa melakukan perubahan perubahan di setiap waktu ke arah yang positif bukan kearah yang negatif sehingga manusia terus bisa mengembangkan dirinya menjadi manusia yang bernilai, beruntung, dan lebih baik lagi setiap harinya.

Begitupun didalam kehidupan yang serba modern dengan perkembangan teknologi yang cepat manusia pun membutuhkan yang namanya perubahan dan berkembang menjadi pribadi yang tangguh dan sanggup mengimbangi perkembangan teknologi yang cepat dan deras tersebut.

Artikel Rekomendasi : Dampak Positif & Negatif Teknologi

Dengan semua penjelasan yang telah diuraikan diatas pastinya masyarakat telah mengetahui banyak sekali berbagai persoalan yang berkaitan dengan perkembangan teknologi didalam kehidupaan manusia baik itu positif atau persoalan negatif tetapi dengan melakukan perubahan kearah yang lebih baik dan menjadi insan yang tangguh semua persoalan tersebut bisa dihadapi dan diatasi dengan baik dan kuat.

Dengan memposisikan diri pada pribadi yang berharga, tangguh, kuat, terus berubah dan berkembang ke arah yang lebih baik, secepat apapun perkembangan teknologi yang memunculkan berbagai persoalan baru dalam kehidupan akan memberikan kesanggupan serta kesiapan pada diri untuk dapat menyelesaikanya dengan baik.

Thanks.

Tinggalkan Balasan