Menjaga Kesehatan Selama Musim Daging Idul Adha

Saat ini masih sedang hangat hangatnya suasana serta moment moment hari raya besar muslim yaitu hari raya idul adha, nah idul adha selalu memberikan makna yang besar bagi setiap umat muslim didunia bahkan dalam batas batas tertentu hari raya idul adha ini pun memiliki makna bagi kaum non muslim karena hari raya idul adha memiliki misi kemanusian yang universal.

Salah satu misi kemanusian tersebut yaitu adalah program qurban nah apa itu qurban ?, qurban memiliki arti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Nah inilah misi kemanusian tersebut ketika didalam ibadah qurban disunahkan bagi orang yang berkurban memakan daging kurbanya, serta menghadiahkan atau memberikan kepada para kerabat selain itu pula bisa menyerahkanya kepada orang orang fakir bahkan daging qurban boleh diangkut atau dipindahkan ke negara lain.

Menjaga Kesehatan Selama Musim Daging Idul Adha
via konsultasisyariah.com

Tidak bisa kita pungkiri ketika datangnya hari raya idul adha / ibadah qurban kita di hadapkan dengan berbagai macam hidangan yang berbahan dasar dagin sapi atau daging kambing karena kembali seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa daging qurban bisa berupa daging sapi atau daging kambing.

Meskipun hidang yang berbahan daging sapi atau daging kambing itu terlihat enak dan lezat akan tetapi tentunya kalian sudah tahu betul bahwa daging sapi atau daging kambing mengandung kolesterol yang tinggi yang bisa menyebabkan darah tinggi sehingga tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Menjaga Kesehatan Selama Musim Daging Idul Adha

Dari sinilah perlu kamu perhatikan meskipun stok daging sapi atau daging kambing dirumahmu berlimpah kamu harus tetap bisa mengontrol asupan dan makanan supaya kamu dapat merayakan hari raya idul adha bersama keluarga kamu.

Lalu bagaimana cara mengontrol asupan dan makanan berbahan dasar daging sapi serta daging kambing ketika hari raya idul adha agar tubuh tetap sehat tidak terserang kolesterol, berikut adalah aturan aturan ketika menyantap kedua daging tersebut :

Makan Daging Dengan Porsi Kecil

Meskipun daging sapi dan daging kambing dirumah kamu banyak kamu tidak boleh langsung memakanya secara banya dan berlebihan karena bisa membuat perut terasa nyeri diakibatkan dari perut tidak sanggup menampung sehingga makanan akan kembali ke perut bagian atas maka sebaiknya makanlah terlebih dahulu dengan porsi yang kecil.

Perbanyak Minum Air Putih

Meskipun daging memiliki gizi yang banyak akan tetapi daging juga memiliki serat yang sedikit sehingga bisa mengganggu proses perncernaan maka dari itu di anjurkan untuk meminum banyak air putih untuk mendorong makanan serta membuat tubuh tetap cukup akan cairan.

Menjaga Kesehatan Selama Musim Daging Idul Adha
via selerasa.com

Seimbangkan Daging Dan Sayuran

Daging mengandung lemak yang sangat tinggi sehinggat dapat meningkatkan kolesterol dengan begitu perlu kamu kurangi kandungan lemak tersebut dengan memadukan dagin dan sayuran tomat, bawang merah, bawang bombai, serta sayuran lainya dengan begini makanan akan menjadi lebih seimbang, ada ungkapan “Hidup Itu Harus Seimbang” begitu pula dalam hal makanan ketika memakan hidangan yang lezat tapi berkolesterol maka harus diimbangi degan hidangan sehat yang berserat.

Jangan Lupa Berolahraga

Jangan lupakan kegiatan yang satu ini karena dengan berolahraga akan dapat membantu kamu untuk membakar kalori serta lemak yang ada didalam tubuh kamu setelah makan daging sekaligus dengan berolahraga bisa membuat badan kamu tetap sehat dan bugar, olahraga merupakan harga mati demi untuk hidup sehat dan bugar.

Simpan Dan Olah Daging Dengan Baik

Kalau kamu tidak mau segera memasaknya maka segeralah simpan daging kedalam freezer dengan suhu paling terendah agar tidak mudah basi serta menjaga kandungan gizi didalmnya pastikan pula tidak ada air yang menentes kemakanan lain satu hal lagi jangan memasak daging atau memanaskan daging secar berulang ulang karena dapat merusak kandungan protein serta memunculkan lemak jahat.

Sampai disini dulu pembahasan artikel tentang aturan aturan menyantap daging di hari raya idul adha agar tetap sehat dan bugar dan sampai jumpa lagi diartikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan