Mau Demo ?, Maskeran Dulu Pake Odol Biar Cantik

Saya heran dengan cerita terbaru akhir akhir ini mengenai demo mahasiswa yang menolak pengesahan RUU, emang heran kenapa sih ?, Ya bingung aja saya lihat para mahasiswa yang ikut turun ke jalan melakukan demo kok wajahnya pake maskeran odol.

Buat apa coba ?, saya dapat kabar katanya kalau menggunakan odol maka bisa mengurangi efek dari semburan gas air mata, tapi sepertinya itu keliru deh karena saya pikir jika odol di oleskan ke muka apa lagi didaerah sekitar mata kan itu panas ya dan bikin perih juga.

Jadi bingung nih mana yang benar, lalu bagaimana kalau menurut para ahli dan pemneliti mengenai cerita yang beredar apakah fakta atau mitos ?

Menurut dr Wisnu Pramudito D. Pusponegoro, Sp.B, dari perhimpunan Dokter Emergency Indonesia pernah menjelaskan bahwa odol tidak berpengaruh ketika ada paparan gas air mata. Penjelasanya karena gas air mata bekerja karena terhirup bukan karena kontak dengan mata, gas yang terhirup tersebut menyebabkan sekresi dari kelenjar air mata.

Maskeran Odol

Justru, partikel odol beresiko menyebabkan iritasi apabila masuk ke mata. Nah ini sepemikiran dengan saya benarkan odol itu malah bikin panas dan perih sehingga menyebabkan iritasi.

Dikutip dari International News Safety Institute tentang mitos dan kesalahpaham yang sering dilakukan orang untuk melindungi diri dari efek gas air mata.

Mengoleskan odol di bawah mata adalah salah satu mitosnya karena faktanya gas air mata dan odol dibuat dari berbagai bahan kimia menggunakan berbagai metode pembuatan, hampir tidak mungkin untuk secara akurat memprediksi reaksi yang akan terjadi.

Beda lagi kalau kamu demo terus maskeran odol dengan alasan biar nanti bisa kelihatan tambah cantik baru itu benar karena odol mempunyai berbagai manfaat untuk kecantikan kulit.

Tinggalkan Balasan