Kita Bermental Kuat Dan Kita Yakin Bisa Menghadapinya.

Kemarin pada tanggal 10 Oktober tahun ini kita telah memperingati hari Kesehatan Jiwa Sedunia, maka tak ada salahnya hari ini saya juga ingin membahas topik mengenai seputar kesehatan Mental atau Jiwa. Siapa tahu bisa memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua akan betapa pentingnya kesehatan mental.

Sekarang ini sepertinya masalah kesehatan mental masih belum menjadi perhatian banyak orang bahkan terkadang di abaikan bahkan masih ada stigma dan diskriminasi kepada orang yang mengalami gangguan mental. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya siapapun bisa mengalami masalah kesehatan mental, tidak pandang status sosial atau ekonomi.

Contoh gangguan mental yang sering terjadi adalah stress. Siapa sih didunia ini yang belum pernah mengalami stress ?, saya yakin semuanya pernah mengalaminya dan begitu artinya gangguan mental biasa terjadi pada semua orang dan salah jika ada stigma dan diskriminasi kepada orang yang sedang mengalami gangguan mental.

Kesehatan Mental

Selama masih ada stigma dan diskriminasi kepada orang yang mengalami gangguan mental, sepertinya yang akan terjadi adalah krisis kesehatan mental dimana mana, orang akan merasa bersalah, membenci dirinya sendiri bahkan malu untuk mengobati kesehatan mentalnya.

Tapi bukan hal yang mudah untuk menghilangkan stigma dan diskriminasi yang sudah menyebar keseluruh penduduk dunia ditambah lagi kita juga hidup di dunia ini yang begitu keras dan berliku liku, semakin memperbesar tingkat krisis kesehatan mental yang bisa terjadi.

Maka dari itu pada artikel ini saya bertujuan untuk mengajak kepada kalian semua untuk lebih peduli terhadap kesehatan mental jangan pusingkan apa yang dikatakan orang lain. Fokus pada diri sendiri. Kuatkan mental dan yakinlah kita bisa menghadapi berbagai persoalan yang mengganggu kesehatan mental kita.

Untuk membantu kamu berubah menjadi orang yang lebih sehat dan kuat mental dalam menjalani hidup yang keras ini, saya punya beberapa hal yang dapat menguatkan mental / menjaga kesehatan mental tersebut.

Hal Yang Bisa Menjaga Kesehatan Mental

Ingat Tuhan
Mental akan sehat dan kuat apabila mendapatkan dukungan yang kuat bukan ?, Nah dukungan yang paling kuat di dunia ini adalah tuhan. Jadi ingatlah tuhan sesering mungkin.

Berpikir Positif
Kita pasti pernah mengalami kekecewaan dan kegagalan dalam hidup tapi jangan bersedih, berpikirlah positif terimalah hal tersebut dan jadikan suatu pelajaran yang penting untuk melangkah yang lebih baik.

Asah Kemampuan Diri
Pengasahan kemampuan ini dapat melalui dengan latihan, belajar, mengikuti kursus, atau mencoba strategi baru, tujuannya yaitu untuk membuat kita lebih percaya diri menghadapi apapun.

Berolahraga
Kalau yang satu ini sudah jelas, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jadi lakukanlah olahraga, tidak perlu yang berat, jalan kaki, bersepeda, atau push up yang ringan pun juga bisa.

Konsultasi Dengan Psikolog / Psikiater
Kalau keempat cara diatas terasa belum cukup untuk memperbaiki mental kita, mungkin sekarang saatnya kita untuk meminta bantuan ke ahlinya yaitu seorang psikiater untuk membuat kamu bisa lebih mudah untuk menghadapi semuanya.

Oke marilah kita kuatkan mental bersama sama agar dapat menjalani hidup lebih baik dan tentunya lebih bahagia. Saya minta maaf apabila ada salah kata dalam penjelasan artikel ini.

Tinggalkan Balasan