Kisah Menarik Dibalik Api Obor Asian Games

Pergelaran Asian Games 2018 semakin dekat ada begitu banyak cerita yang menarik yang hadir sesaat sebelum pesta olahraga asia ini benar benar digelar salah satu cerita menarik yang mendaptkan banyak perhatian sesaat sebelum pesta olahraga ini adalah tradisi arak api obor asian games.

Tradisi arak api obor ini dimulai pertama kali pada saat Asian Game tahun 1958 atau pergelaran Asian Games yang ketiga, pada saat itu yang menjadi tuan rumah pesta ini adalah negara jepang. Arak obor Asian Games tahun 1958 di lakukan mulai dari Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina lokasi tersebut merupakan lokasi diselenggarakanya Asian Games yang kedua sedangkan di jepang sendiri arak api obor ini dimulai dari Okinawa hingga pulau Kyushu.

Api obor pada pergelaran Asian Games 1958 tersebut dinyalakan oleh atlit peraih mendali emas olimpiade jepang sekaligus peraih juara olimpiade pertama asia dalam acara individu yaitu Mikio Oda.

Setelah jepang menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 1958 atau ketiga selanjutnya pada tahun 1962 yang menjadi tuan rumah pesta olahraga asia ke empat adalah indonesia lalu sekarang 56 tahun berlalu indonesia kembali berkesempatan menjadi tuan rumah penyeleggara Asian Games 2018 atau yang ke 18 dan tentunya kini kamu bisa menyaksikan pawai api obor Asian Games secara langsung diindonesia.

Tapi dibalik semua cerita pawai api obor Asian Games diatas ada beberapa fakta sekaligus kisah yang begitu menarik yang harus kamu ketahui, apa saja fakta dan kisah menarik tersebut ? dari pada kamu tambah penasaran langsung saja nih ini dia sejumlah fakta dan kisah menarik dibalik api obor Asian Games 2018

Api Obor Asian Games
via photo.sindonews.com

Berasal Dari India

Yang pertama tahukah kamu kalau asal usul api obor asian games ternyata berasal dari negara india, kenapa dari india ? tentunya karena negara india adalah negara pertama yang menjadi tuan rumah Asian Games pada tahu 1951. Di India api obor asian games diberikan secara simbolik oleh Indian Olympic Association (IOA) President, Narinder Batra, kepada Ketua Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia Erick Thohir.

Menurut beliau api obor sengaja didatangkan dari india untuk menjaga kebersamaan dan persahabatan serta semangat untuk berprestasi kemudia api obor tersebut telah diterbangkan dari india menuju indonesia sejak minggu (15/07/2018) dan sampai di Yogyakarta, Indonesia pada selasa (17/07/2017).

Dibawa Dengan Pesawat Dan Api Obor Tersebut Tidak Boleh Mati

Api obor Asian Games diterbangkan dari india dengan menggunakan pesawat Boeing 737 400 milik TNI Angkatan Udara dan selama penerbangan api obor dibawa dengan perlakuan khusus dan hati hati karena api yang ada didalam obor harus tetap menyala dan tidak boleh padam sama sekali.

Untuk mencegah supaya api obor tidak padam maka digunakan alat khusus dengan cara api obor dimasukan kedalam alat yang bernama tinder box yang berbahan bakar gas, setiap kali bahan bakarnya habis maka langsung diisi kembali supaya api tidak mati.

Artikel Rekomendasi : Cabang Olahraga Menarik Akan Hadir Di Asian Games 2018

Api Abadi Mrapen Jawa Tengah

Api Abadi Mrapen sudah menjadi lokasi pengambilan sumber api untuk berbagai macam acara nasional maupun internasional begitu juga termasuk dengan acara Asian Games 2018 setelah api obor asian games 2018 datang ke Yogyakarta dari India api tersebut sempat di inapkan sehari dan kemudian keesokan harinya (18/07/2018) api obor tersebut dibawa ke Candi Prambana untuk disatukan dengan Api Abadi Mrapen.

Penyatuan Api Obor Asian Games dengan Api Abadi Mrapen mungkin disimbolkan sebagai lambang semangat yang tidak pernah padam.

Api Obor Asian Games Dibawa Oleh Pahlawan Olahraga Indonesia

Ketika pawai api obor atau pada saat api obor diarak keliling indonesia dilakukan api obor tersebut akan dibawa oleh salah satu pahlawan olahraga indoneisa yang sekaligus menjadi legenda bulu tangkis indonesia yaitu Susi Susanti dia dipilih sebagai Torch Ambassador atau Duta Obor Asian Games 2018. Ia terpilih karena banyak prestasi yang ia raih untuk indonesia.

Memegang obor Asian Games lah yang akan menjadi tugas seorang Torch Ambassador didampingi oleh 10 Torch Barrier yang terdiri dari atlet nasional selain itu nantinya ada juga 10 Tour Guard dari TNI untuk mengawal dan mengamankan kondisi lalulintas arakan api obor Asian Games 2018.

Di Arak Keliling Indonesia Dengan Jarak 18.000 Km

Ini cerita yang menarik jadi setelah sesampainya di indonesia api obor Asian Games 2018 akan diarak mengelilingi seluruh wilayah indonesia, sebanyak 54 kota dan kabupaten dari 18 Provinsi akan disinggahi oleh Api Obor ini. Waktu dilakukakanya arak keliling obor ini adalah dalam waktu sebulan lebih tepatnya mulai dari 18 Juli 2018 sampai dengan 18 Agustus 2018 dengan tujuan akhir Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk pembukaan Asian Games 2018.

Itu dia adalah beberapa fakta dan kisah menarik dibalik api obor Asian Games.

Thanks.

Tinggalkan Balasan