Ini Lho Beberapa Fakta Dan Mitos Menarik Mengenai Olahraga Lari

Bulan kemarin kita semua telah di hebohkan dengan beredarnya kabar salah satu atletik lari tanah air kita indonesia yang menjuarai dunia di finlandia dia adalah Muhammad Zohri pemuda asal lombok yang berhasil menjuarai lari 100 meter ia berhasil finish diposisi pertama dengan mencatatkan waktu sekitar 10,18 detik yang menjadi menarik dari kabar ini menurut mimin adalah ia berasal dari keluarga yang sangat sederhana namun bisa membanggakan tanah air indonesia.

Nah ngomong ngomong soal olahraga lari dan sederhana tahukah kamu kalau olahraga lari merupakan olahraga yang sedang populer dan paling banyak diminati oleh banyak orang olahraga ini bisa membuat badan kamu sehat dan bugar dengan cara yang sangat sederhana, mudah dan juga tentunya murah kamu tidak perlu pergi ke gym atau membeli peralatan olahraga yang tentunya sangat mahal untuk kamu beli cukup dengan kumpulkan niat, pakai sepatu lari kamu, kemudian berlarilah sesederhana itu dan tidak perlu repot repot hanya untuk membuat badan kamu tetap sehat.

Sebenarnya selain manfaat olahraga lari yang bisa kamu dapatkan secara sederhana dan mudah seperti yang telah disebutkan diatas ada hal lain juga yang mungkin belum kamu ketahui tentang olahraga lari yang tentunya bisa membuat kamu makin tambah suka dengan olahraga lari ini maka dari itu kamu harus tahu ini lho beberapa fakta dan mitos menarik mengenai olahraga lari yang belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Pertama kita mulai dengan fakta menarik tentang olahraga lari :

via solusisehatku.com

Meskipun sederhana tapi lari juga bisa menjadi olahraga yang menantang lho.

Selain lari marathon ada juga lari lumpur dan lari rintangan pada tahu 2014 ada 4 juta pelari yang berhasil finish dalam lomba lari non tradisional tersebut lomba tersebut dianggap orang lebih menantang dari sekedar balapan kegaris finish oh ya selain itu ada alasan lain kenapa lari dianggap sebagai olahraga menantang yaitu karena low cost dan juga menjadi komponen penting di hampir setiap cabang olahraga seperti sepak bola atau basket.

Kamu bisa lari megelilingi bumi.

Hal tersebut adalah fakta, apabila kamu berlari selama 5 tahun atau tepatnya 5,7 tahun maka kamu akan menempuh jarak sejauh 40.073 kilometer yang artinya kamu telah berhasil mengelilingi bumi yang memiliki lingkaran sebesar 40.074 kilometer.

Makin banyak energi yang keluar maka akan banyak kalori yang terbakar.

Kita ibaratkan orang dengan berat 80 Kg berlari menempuh jarak 10 Km dapat membakar 150 kalori sedangkan orang yang mempunyai berat badan 50 Kg hanya dapat membakar 80 kalori artinya jika kamu ingin membakar bayanyak kalori saat berlari maka kamu harus berlari dengan berat yang lebih besar.

dan sekarang mari kita bahas apa saja mitos mitos menarik yang ada didalam olahraga lari :

via aktual.com

Tak perlu pemanasan sebelum lari

Lari termasuk jenis olahraga yang memiliki intensitas tinggi maka dari itu pemanasan perlu dilakukan sebelum berlari orang yang melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum lari akan menurunkan resiko terjadinya cedera dan pemanasan yang cocok untuk olahraga lari adalah pemanasan dengan gerakan gerakan dinamis seperti lunges, leg swings, butt kicks dan lainya.

Lari telanjang kaki bisa mengurangi resiko cedera

Lari dengan tanpa alas kaki seolah menjadi trend karena denga kepraktisanya dan kampanye go green tapi masalahnya tidak semua orang bisa berlari dengan baik tanpa bantuan sepatu lari agar terhindar dari cedera apalagi dengan jalan yang memiliki permukaan tidak rata yang ada malah membuat tubuh dan sendi sendi tertekan.

Lari setiap hari itu aman

Ada istilah kualitas lebih diutamakan dari pada kuantitas hal ini berlaku juga pada olahraga lari karena dengan lari setiap hari akan menyebabkan latiha fisik yang berlebihan dan membuat cedera terutama bagi pemula. lari yang berlebihan akan membuat fisik menjadi lelah dan lesu agar tidak terjadi hal tersebut maka dari itu diperlukan dengan sokongan istirahat setelah berlari untuk mengembalikan pemulihan otot dan juga pemulihan stamina badan kamu.

Itu adalah beberapa fakta dan mitos menarik seputar olahraga lari semoga dengan ini kamu bisa lebih termotivasi untuk olahraga lari namun apabila belum termotivasi cobalah untuk mengajak keluarga atau teman yang bisa kamu ajak untuk melakukan olahraga ini bersama sama.

Thanks.

 

Tinggalkan Balasan