Fenomena Wkwkwk Land, Kenapa Orang Indonesia Suka Ngetik “Wkwkwk” Buat Ekspresi Ketawa ?

Media sosial memang selalu memberikan kisah tersendiri mulai dari kisah persahabatan, perdebatan sampai dengan kisah humor yang menghibur sekali seperti kisah yang terjadi baru akhir akhir ini terjadi di media sosial, baru baru ini dimedia sosial sedang ramai ramainya fenomena wkwkwk land. Sebenarnya istilah wkwkwk land digunakan oleh para netizen internasional untuk menyebut negara indonesia, hal ini bukanlah yang pertama kalinya karena sebelumnya negaraa indonesia juga pernah dikenal sebagai om telolet om.

Fenomena wkwkwk landa mulai hangat diperbincaangkan oleh warga indonesia ketika munculnya video pesulap indonesia Demian yang tampil di America Go Talent di akun youtubenya America Go Talent, dalam video tersebut banyak apresiasi yang diberikan oleh netizen luar negeri atas peenampilanya namun disela sela itu ada salah satu komentar lucu dari salah satu netizen luar negeri yang mengatakan kalau demian berasal dari wkwkwk land atau indonesia.

Lalu pertanyaanya apa makna sebenarnya dari wkwkwk land dan dari mana asalnya ?

Makna sebenarnya dari kata wkwkwk adalah model tertawa orang indonesia saat mereka berada di dunia maya atau di media sosial, bagi kita orang indonesia tulisan wkwkwk ini mungkin sudah terbiasa karena apabila diucapkanya pun mudah di ucapkan di lidah orang indonesia namun untuk netizen internasional tulisan tersebut terlihat aneh dan menggelikan alasanya mungkin karena susah dilafalkan oleh netizen internasional. Sama halnya seperti kita mengetahui jika orang nigeria menuliskan LWKMD untuk menunjukan kalau ia sedang tertawa atau saat orang brazil menuliskan rsrsrsrs untuk mengekpresikan kalau mereka sedang tertawa di media sosial, terlihat aneh dan menggelikan bukan ?, begitupun dengan tulisan wkwkwk dimata netizen internasional.

Kemudian asal tulisan wkwkwk digunakan oleh orang indonesia untuk mengungkapkan kalau dia sedang tertawa adalah dari komunitas game online indonesia hal ini seperti yang dituturkan oleh seorang pengguna akun bernama Dio Wijayanto Nugroho dari di situs tanya jawab Quora. Awalnya, menurut Dia, para pemain game online¬† gemar menggunakan kata “gua” sebagai pengganti “saya”. Lambat laun, kata tersebut pun berganti menjadi “gw” karena lebih mudah untuk diketik, pemain hanya perlu mengetikkan dua huruf saja.

Selanjutnya perubahan pun juga ikut terjadi di ekspresi tertawa. yang awalnya pemain menggunakan kata “haha” namun hal tersebut dianggap sangat formal di dunia game akhirnya pemain lebih memilih untuk menggunakan kata “huehue” dan “huahua” untuk ekspresi tertawa karena terasa lebih sarkasme dan lebih berwarna. ¬† Nah, sama seperti “gua” menjadi “gw”, huruf “ua” yang ada di “huehue” dan “huahua” diubah menjadi “w”. Hasilnya, pemain memilih menggunakan kata “hwhwhw”.

Kata hwhwhw itu berubah lagi menjadi “wkwkwk” dengan alasan lebih mudah diketik. dengan cara mengetik wkwkwk pemain game online bisa mengetikkan huruf “w” tanpa perlu menggerakan tangan kiri dan huruf “k” tanpa perlu menggerakan tangan kanan. Nah itulah asal mula kata “wkwkwk”.

Tinggalkan Balasan