Doa yang Terucap, Hati yang Berharap

Segala sesuatu yang dilakukan di dunia diawali dengan harapan, dilakukan dengan tindakan, dan diakhiri dengan menyerahkan (berharap)

Hidup merupakan sebuah rahasia yang penuh dengan teka-teki. Meskipun banyak orang-orang yang di anggap mampu menerawang masa depan, namun tetap saja, Tuhan mempunyai seribu macam cara untuk tetap menyimpannya secara utuh. Manusia hanya mampu menerka dan menebak dari sebuah harapan  dan tindakan, kemudian selanjutnya tergantung dari seberapa kuat mereka meyakini tentang hal yang tercipta dalam benak diri masing-masing (berharap).

Dalam hidup kita mengenal istilah Harapan dan Berharap, 2 istilah tersebut memiliki persamaan yaitu sama sama berasal dari kata harap namun mungkin berbeda konteksnya. Harapan adalah kata benda sedangkan Berharap adalah kata kerja. Namun Harapan dan Berharap juga memiliki ikatan satu sama lain karena memiliki sebuah tali penghubung yang dinamakan dengan semangat serta tindakan.

Harapan :

  • Menggapai Harapan
  • Mewujudkan Harapan
  • Membutuhkan Harapan
  • Mempunyai Harapan, dll.

Harapan adalah salah satu pilar dari kehidupan manusia. Seperti penunjuk jalan, harapan menjadi pengarah dalam menuju tujuan dalam hidup. Harapan bagaikan sebuah cahaya dalam kegelapan yang memberikan arah dalam ketidakpastian.

Harapan adalah Doa
Harapan adalah Doa

“Seandainya masih ada harapan – sekecil apapun untuk mengubah kenyataan, ia bersedia menggantungkan seluruh hidupnya demi harapan” – Ilana Tan

Harapan merupakan suatu tujuan yang ingin dicapai oleh lubuk hati dan Harapan memberikan kita kekuatan untuk berusaha dan tidak gampang menyerah terhadap sesuatu, Harapan adalah satu satunya yang membuat kita bangkit dalam keterpurukan, bertahan ketika semua orang berkata menyerah, mengubah kita, dan membentuk kita menjadi saat ini

Semua disertai dengan usaha yang keras agar harapan tersebut tidak menjadi Harapan Palsu karena kita tahu bahwa kita tidak diciptakan oleh tuhan dengan mempunyai kekuatan super, segalanya tidak instant, butuh perjuangan dan kerja keras

Ketika seseorang mempunyai harapan maka akan ada kerja keras serta iringan doa (berharap) agar apa yang diharapkannya menjadi suatu kenyataan. Namun apabila seorang manusia kehilangan harapan maka kehidupan yang dijalaninya akan terasa hampa karena tidak ada lagi rasa keinginan untuk mencapai sesuatu.

Bangunlah Harapan, Harapan adalah Doa

Berharap :

  • Berharap Menjadi Sukses
  • Berharap Menjadi Pintar
  • Berharap Tumbuh Besar
  • Berharap Panjang Umur. dll.

Berharap adalah doa atau meminta sedangkan keindahan doa bukan berasal dari barisan kata-katanya yang terangkai indah. Keindahan sebuah doa adalah ketika kita berhasil menunjukkan kelemahan dan penghambaan kita kepada Sang Maha Kuasa, Allah SWT. Keindahan sebuah doa adalah ketika kita menyadari bahwa diri ini lemah, tidak berdaya dan tak bisa melakukan apapun tanpa izin dan kuasa-Nya.

Jawaban dari doa bukanlah tentang seberapa hebat kita di dalam berdoa, tapi dari seberapa tekunkah kita berdoa. Terkadang kita lupa, bahwa segalanya butuh proses, termasuk dalam berdoa sekalipun. Tidak semua doa akan segera dikabulkan. Adakalanya, Allah ingin tahu seberapa sabarkah kita dalam berdoa. Berdoalah dan terus berharaplah. Jangan pernah berhenti berdoa dan berharap.

Sesungguhnya, doa atau berharap adalah kekuatan terbesar dalam diri manusia.

Bersabar & Selalu Berharap

Bonus biar tambah semangat lagi coba dengeri lagu ini

 

Sumber : Ipnu Rinto Nugroho : Doa yang Terucap, Hati yang Berharap

Tinggalkan Balasan