Sentilan Kata Singkat, Padat, Bikin Tawa ‘Tuman’ !!!

Tulisan sebelumnya gw pernah bercerita tentang hal hal apa saja yang pernah viral di media social pada cerita tersebut gw membuat kesimpulan supaya kita harus bijak ketika menggunakan suatu media social.

Kemudian akhir akhir kini bisa dibilang viral para penggiat media sosial (Medsos) Facebook, WhatsApp, Instagram mulai rajin perang gambar yang dinilai untuk menyindir teman maupun saudara dengan memposting kartun bermeme ‘Tuman’.

Waktu pertama kali gw lihat orang di social media memposting meme yang bernama ‘Tuman’ ini sebetulnya gw gak paham betul apa maksudnya menyidirkah, menasehatikah, atau hanya sekedar lelucon receh tapi satu hal yang gw ingat untuk kata ini adalah Tuman Mandi.

Meme Tuman

Alasanya waktu kecil gw suka dimarahin sama orang tua kemudian disindir sama saudara saudara gw Tuman Mandi soalnya karena waktu itu gw bandel susah mau kalau disuruh mandi sama orang tua. Ayo komen yang suka susah kalau disuruh mandi waktu kecil.

Asal Usul Tuman

Meme ‘Tuman’ ternyata digunakan untuk menyindir dan menasehati kelakuan yang sekiranya tidak pantas dilakukan dan agar tidak diulang lagi seperti halnya contoh kelakuan gw seperti diatas.

Meme ‘Tuman’ ini meperlihatkan sebuah gambar kartun 2 orang laki-laki tanpa baju atau terkadang laki-laki tanpa mengenakan baju dan seorang wanita hanya memakai pakaian dalam sambil menampar pipi teman disebelahnya kemudian diatasnya di tambahkan tulisan kata ‘Tuman’ karena dinilai teman yang ditampar punya kebiasaan yang buruk.

Arti kata ‘Tuman’ diketahui dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah : tuman2/tu*man/ a menjadi biasa (suka, gemar, dan sebagainya) sesudah merasai senangnya, enaknya, dan sebagainya: agar tidak – berbuat begitu, hajarlah ia kalau kebetulan ketahuan sedang berbuat.

Meme Tuman

Meme Tuman bisa dikatakan saat ini sedang viral di media sosial, mulai dari tema sosial, ideologi, hingga persoalan pemilu 2019. Banyak sekali ungkapan unik seputar perilaku sehari-hari yang dipadukan dengan gambar sesorang menampar pipi lawannya.

Dalam meme Tuman ada yang secara spesifik menyinggung tentang Relasi santri dan kiai, banser dan HTI, hingga persaingan Prabowo dan Jokowi dalam perhelatan Pilpres 2019. Bahkan lembaga penyelenggara pemilu ada yang membuatnya untuk kampanye anti politik uang.

Dalam kebiasaan sehari-hari, kata tuman berasal dari percakapan seorang orang tua dengan anaknya yang bandel. Agar tidak membandel dan si anak berhenti berbuat sesuatu maka orang tua selanjutnya, memberi hukuman dengan menjewer, menampar dan seterusnya. Bentuk hukuman ini tentu bukan dengan maksud mengkampanyekan kekerasan tetapi hukuman yang mendidik

Meme Tuman

Dari fenomena ‘Tuman ini gw menemukan yang unik dan menarik disini yaitu mengapa kata Tuman yang menjadi meme dan viral disocial media ?. Gw setuju dengan viralnya meme ‘Tuman’ ini dan menurut gw memang sepantasnya kata ‘Tuman’ ini menjadi viral. Kenapa ?

Dibalik Meme Tuman

Selain menjadi hiburan fenomena ‘Tuman’ bisa juga dijadikan atau dianggap sebagai bentuk kontrol sosial melalui media. Sebuah karya satire (parodi) dalam bentuk gambar dan sedikit bumbu kata ini kadang membuat para pembaca sejenak terhibur karena bermakna kritis, menyindir namun lucu. Tidak ubahnya, bilamana kita menyimak rubrik Pojok dengan sentilan kata singkat, padat, bisa bikin tawa pembaca.

Nah disinilah gw menemukan letak makna karikatur jika dihubungkan dengan fungsinya sebagai kontrol sosial yang melekat pada media. Karikatur atau mungkin sejenis meme di media digital dapat dikategorikan sebagai rubrik khas namun memiliki ketajaman makna.

Persoalan yang dikritik oleh masyarakat melalui meme biasanya adalah persoalan yang berulang ulang terjadi. Upaya perlawanan masyarakat yang tidak ada dalam sistem merupakan bentuk partisipasi akan masifnya perbuatan yang dianggap publik tidak patut (korupsi, politik uang dan sebagainya).

Secara positif meme merupakan bentuk kontrol sosial, suatu mekanisme untuk mencegah penyimpangan sosial serta mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk berperilaku dan bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku.

Meme Tuman

Sentilan Kata Singkat, Padat, Bikin Tawa ‘Tuman’ !!!

Dengan adanya kontrol sosial yang baik diharapkan mampu meluruskan anggota masyarakat yang berperilaku menyimpang / membangkang. Pastinya lagi, kritik sosial yang disampaikan melalui karikatur tidak mengandung unsur anarki, dalam artian tidak seperti demonstrasi di jalanan yang bisa mengganggu arus lalulintas atau merusak fasilitas fisik sekitarnya.

Nah itu adalah bagian menarik yang bisa kita dapatkan dari viralnya meme ‘Tuman’ disocial media. Sekiranya sampai disini artikel ini semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sampai dibikin lagunya juga.

Sumber : Khudrotun Nafisah

Tinggalkan Balasan