Batik Dijadikan Bahan Olokan, Apa Kalian Tidak Malu ?

“Sebaiknya budaya yang sudah diakui dunia itu di pertahankan bukanya dijadikan bahan olokan, dasar tidak tahu malu ?”.

Jujur waktu saya kecil saya tidak pernah menggunakan pakaian yang namanya batik, pertama kali saya menggunakan batik adalah ketika saya berada di bangku sekolah menengah pertama kelas 3.

Saat itu adalah hari perpisahan sekolah yang sangat berarti, ada tangisan, ada perjuangan, ada luka, ada tawa, ada bahagia, dan ada rindu, semua berkumpul menjadi satu pada hari yang istimewa tersebut.

Pertama kali menggunakan batik pada saat moment yang begitu memberatkan tersebut, membuat saya memiliki kenangan indah yang tidak mudah dilupakan ketika menggunakan batik.

Alhasil setelah hari perpisahan itu saya mulai menyukai dengan yang namanya batik dan saya merasa nyaman dengan pakaian tersebut. bukan karena batik adalah budaya indonesia melainkan karena kenangan yang saya dapatkan.

Hari demi hari berlalu dan rasa itu masih terbawa sampai saya memasuki perkuliahan, tak jarang saya suka menggunakan baju yang bercorak batik. Saya merasa sudah terbiasa dengan pakain batik ini.

Bangga Dengan Batik

Sampai pada suatu hari waktu itu adalah hari rabu, pada sebuah kesempatan ada teman saya yang bertanya “rapi banget mau kemana ?, mau ke kodangan ya”, itu adalah pertama kalinya ada yang ngebecandain soal batik ke saya, saya pribadi rasanya jengkel banget dan risih.

Alhasil dari becanda tersebut saya menjadi menghindari pemakaian baju batik di hari selain hari jumat. bahkan terkadang ikut-ikutan mengolok orang yang memakai batik di lain hari jumat.

Kemudian sampai pada hari selasa kemarin tanggal 2 oktober 2019 dan itu adalah hari batik nasional dan semua orang yang bekerja di kantor saya menggunakan baju batik kecuali saya.

Alasanya karena saya selalu mengaitkan baju batik dengan hari jumat dan kalau mau ke kondangan saja, pada akhirnya hari selasa tanggal 2 oktober 2019, hasil dari situasi saya yang berbeda sendiri dari yang lain dan berbagai status status orang mengenai hari batik nasional.

Saya mendapatkan 3 hal yang berharga pertama menjadikan batik sebagai bahan olokan adalah tidak lucu sama sekali, yang kedua jangan menggunakan batik karena ada moment atau acara tertentu, dan yang terakhir gunakan lah batik dengan alasan karena kamu cinta dan bangga dengan budaya indonesia yang satu ini.

Selamat Hari Batik Nasional.

Tinggalkan Balasan